Obat Tidur

9:09:00 am

Pernah nelen obat tidur? 

Rasanya ngga lebih enak dari permen Blaster, pastinya. 

Gw sering liat tuh, kalo di film-film obat tidur digunakan buat tindakan kriminal. Padahal kan, obat tidur harusnya digunakan buat suatu hal yang bermanfaat, ya?! Yah, itulah manusia, hal-hal yang harusnya baik malah disalahgunakan. 

Ok, kembali ke obat tidur yang suka nongol di film-film. Biasanya si korban akan dicecoki obat tidur, lalu setelah dia terlelap tak berdaya, korban tersebut akan dianiaya. Entah dibunuh, diperkosa, atau diceburin ke sungai. Serem banget sih, tapi ini yang emang sering gw liat di film. Bahkan sebetulnya ini pun terjadi di dunia nyata. Ya, pastilah. Kalo ngga percaya liat aja berita kriminal di tayangan Investigasi Petang atau Info Kriminal Dalam Negeri atau 86 atau semacamnya lah. 

Itu obat tidur biasanya ngga langsung ditelen bulet-bulet, tapi dicampur ke minuman yang rasanya seru, misalnya kopi espresso atau jus terong belanda. Atau bisa juga kali ya, obat tidur yang berupa tablet itu ditumbuk-tumbuk sampai jadi puyer lalu ditaburkan ke nasi goreng. Apapun caranya, tujuannya tetap sama: membuat si pemakannya tertidur. 

Makanya Guys, penting banget buat jaga diri kalo lagi bersama orang asing. Jangan gampang diperdaya sama bujuk rayu dari orang yang baru dikenal. Kalopun dia nawarin green tea latte favorit lo, jangan langsung lo sikat aja meskipun lo emang kehausan. Lo mendingan bagi setengah porsi ke si pemberi tersebut dan suruh dia minum terlebih dulu, biar lo tau apakah ada obat tidurnya atau ngga. Atau lo ngeles aja, bilang kalo lo lagi puasa dan baru akan buka puasa dua hari kemudian. Pokonya, seberapapun meyakinkan orang tersebut, jika dia adalah orang asing di dalam hidup lo, maka lo mesti pinter-pinter untuk ngga nerima-nerima aja apapun yang dia berikan. Termasuk kalau dia memberikan duit, ya. Lo ati-ati aja, siapa tau itu duit hasil rampokan misalnya, yang mana serial numbernya udah tercatat di daftar pencarian kepolisian, dan kalau lo sampe kedapetan megang tu duit maka lo akan masuk bui. Ih serem. Ogah deh, ngabisin hidup di penjara gara-gara kesalahan konyol. Lebih baik lo menolak meski dicacimaki daripada lo berkata iya tapi kena jebakan. 

Gw pernah punya pengalaman sama obat tidur, tepatnya waktu gw SMA. Eh, tau gak sih lo? Obat tidur harganya lumayan mahal, lho. Gw lupa berapa pastinya, tapi harganya lebih mahal dari obat diare dan bentuknya imut banget. 

Jadi gw sempet mengonsumsi obat tidur sewaktu SMA karena gw pernah insomnia parah.
 
Kisahnya diawali ketika gw hanya bisa tidur dari jam 4 pagi sampe 5 pagi, itupun ngga nyenyak! Masa-masa itu berlangsung selama beberapa hari, dan gw sampe detik ini belum menemukan penyebabnya. 

Tau, ga? Insomnia itu rasanya kayak mau mati tapi baru seperempat. 

Insomnia itu rasanya kayak di-PHP-in sama tubuh lo sendiri; lo ngerasa lelah dan udah jadwalnya untuk pejamkan mata, tapi ngga nyenyak-nyenyak juga. ITU SANGAT MENYIKSA DAN MEMBUAT LO GILA! 

Masa-masa suram saat gw insomnia itu berlangsung sekitar 3 hari. Padahal gw udah sengajain membuat diri gw cape maksimal. Gw udah sempet make-over kamar gw: gw pindahin lemari baju, angkat meja-meja, dorongin ranjang yang super berat... semua gw lakukan sendiri, demi membuat badan gw lelah dengan harapan gw bisa tidur di malam harinya! Gw juga dengan sengaja jogging di sore hari, karena menurut temen gw olahraga ringan di sore hari bisa menenangkan badan dan membuat kita tidur nyenyak. Tapi semuanya sia-sia. Ngga semua yang lo denger itu selalu bener. Mungkin info-info itu cuma berlaku buat orang-orang tertentu, dan bukan buat gw. Betapa malangnya nasib gw saat itu. 

Selama beberapa hari gw insomnia, gw sempet browsing di internet, katanya kalo kita susah tidur itu adalah pertanda kita lagi punya banyak pikiran. Gw pun mencoba menelaah, apa sih yang gw pikirin? Yang pasti, gw bukan presiden yang mikirin polemik sosbudhankam sebuah negara; gw juga bukan ketua RT yang ngurusin rundown acara 17 Agustusan. Pokonya gw bukan public figure yang mikirin banyak hal, kok! Apa sih hal terberat yang gw pikirin? Paling juga soal berapa kecepatan rotasi Bumi jika Jupiter menghantam satelit Palapa, atau kenapa natrium sebaiknya tidak dicampur dengan karbon aktif saat sedang bereaksi dengan hidroksida. Ngga ada hal berat yang gw pikirin. Tapi kenapa gw masih juga ngga bisa tidur? Aargh! 

Karena gw udah bosen di-PHP-in terus sama tubuh gw sendiri, akhirnya gw pergi ke dokter: MINTA OBAT TIDUR! 

Gw lupa apa aja yang dikatakan si dokter pas dia meriksa gw, karena otak gw udah lumayan konslet saat itu. Lo bayangin aja: 3 hari ngga bisa tidur! GW UDAH JADI ZOMBIE! 

Gara-gara defisit tidur, neuron gw jadi kurang lincah, saraf-saraf di sekujur tubuh gw udah ngga energik lagi. Guys, kurang tidur tuh emang bener-bener ngerusak tubuh, lho! Otak lo jadi menciut, produksi hormon lo terganggu, sel-sel tubuh lo jadi layu... lama-lama lo jadi bego, deh! 

Jadi, begitu gw tiba di ruang periksa, gw udah ngga paham apa yang dibilangin si dokter itu. Yang gw nantikan cuma obat tidur. GW PENGEN TIDUR. 

Segera setelah gw nebus resep dokter dan mendapatkan obatnya, gw langsung telen obatnya di apotek SAAT ITU JUGA. Gw ngga peduli. Yang penting gw bisa tidur. Bagi gw saat itu, TIDUR adalah harta yang harganya melebihi berlian 2000 karat! Gw udah ‘sakaw’ tidur. Badan gw udah ‘nagih’ pengen ditidurin. 

Berdasarkan resep yang diberikan dokter, gw HANYA boleh menelan obat tidur itu 1 butir per hari. Kenapa? Ya, mungkin dokternya takut gw mati gara-gara obat tidur. Kan, ada tuh kasus dimana seseorang inalilahi gara-gara overdosis obat tidur. 

Tapi mungkin karena efek otak gw yang udah rada bego saat itu ya, gw nekad aja. Gw telan obat tidurnya 2 butir sekaligus! GW UDAH SAKAW AKUT. 

Perjalanan dari klinik dokter menuju rumah gw sekitar setengah jam. Setelah gw tiba di rumah, gw udah langsung ngacir ke ranjang, mau siap-siap buat tidur nyenyak terus mimpiin Tom Cruise maen perosotan bareng gw di Disneyland. 

Tapi, sungguh apes gw. 

Gw tetap ngga ngerasa ngantuk. Badan lelah sih, iya. Tapi mata gw ngga berat sama sekali.
 
Gw heran, padahal kalo di film-film itu, si korban biasanya akan langsung tertidur 5 menit setelah minum obat tidurnya. Lah gw?? Udah belasan menit, tapi masih melek juga! 

Gw ngerasa di-PHP-in untuk yang kesekian kalinya. Udah tubuh gw boongin gw, kali ini obat tidur juga mempermainkan perasaan gw. 

Well, cerita soal insomnia itu akhirnya berakhir setelah gw menghabiskan semua obat tidur yang diberikan dokter. Harusnya semua obat itu habis dalam seminggu, tapi karena gw ‘kalap’ akhirnya gw sukses menelan semua obat itu hanya dalam empat hari saja. 

Inti dari cerita ini cuma satu: gw masih belum menemukan sebab-musabab kenapa gw insomnia parah saat itu. Dan mengapa obat tidur seakan ngga mempan buat tubuh gw. 

Dan gw pun jadi curiga, apa tuh dokter sebenernya bukan ngasi obat tidur tapi hanya ngasi multivitamin gitu?! Apakah dokter itu hanya memberi efek sugesti ke gw supaya gw bisa tidur secara alami tanpa obat tidur?! ENTAHLAH! 

Hmm... kalo gw ingat-ingat lagi kisah ini, gw jadi BERSYUKUR BANGET kalau sekarang gw BISA MERASA NGANTUK. Malah kalau udah tengah malem tapi gw belum ngantuk, gw tuh suka deg-deg-an jadinya. Pada akhirnya, ngantuk adalah momen yang gw nantikan dan membuat gw bahagia. 
Inget!

Lo ngga akan paham betapa MAHALNYA sebuah rasa kantuk sampai lo mengalami insomnia. 



You Might Also Like

3 komentar

  1. sepertinya masalah cinta mih yang bikin gak bisa tidur LOL :p gila bahasanya sakaw pengen ditidurin wakakakaka.... oia kalau udah ngantuk harus tidur soalnya kalau kita masih maksain main hp atau nonton atau ngapain, bisa sih tapi udahnya malah jadi gak ngantuk n gak bisa tidur. terus sometimes kalau kecapean bukannya bisa tidur nyenyak tapi kebalikannya, jadi gak bisa tidur. semua ada waktunya. waktunya istirahat ya istirahat. have a nice sleep mih zzzzz *tertidur ketika mengetik*

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest