Aku Bangga Karena Presidenku, Jokowi, Sangat Sederhana

12:32:00 am

Tau gak ini jam berapa?
Ini udah hampir setengah 1 subuh, dan sebenernya mata gw udah berat banget.
Tapi, plis jangan menghakimi apa yang aku lakukan.
Di tengah malam ini hati gw tergerak untuk membahas kesederhanaan presidenku, Joko Widodo. Kesederhanaan beliau bisa dibilang "kebangetan". Kenapa?
Karena sesungguhnya Pak Jokowi berhak mendapatkan kemewahan dan kenyamanan namun dirinya memilih untuk naik penerbangan Garuda kelas ekonomi untuk menghadiri wisuda anaknya, Kaesang Pangarep, di Singapura.

Kesederhaannya yang "kebangetan" kedua adalah saat gw membaca berita ini:

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep (19) tidak pernah mengaku sebagai anak pejabat Indonesia selama menempuh pendidikan di Anglo-Chinese School (International) di Singapura.

Hal itu dikatakan salah seorang guru Kaesang Pangarep. Menurut guru Fisika Ho Wee Kwong, Kaesang selalu rendah hati soal keluarganya.
"Tidak ada yang tahu soal statusnya (sebagai anak Presiden Indonesia). Dia naik bus seperti siswa-siswa lainnya. Bahkan kepada guru-guru pun, dia tidak pernah bilang bahwa dia anak wali kota (Solo) atau gubernur (DKI Jakarta), atau anak presiden," tutur Ho kepada harian Singapura, The Straits Times.
"Dia hanya bilang namanya Kaesang dan ayahnya seorang pengusaha," ujar Ho.
Kaesang sendiri mendapat aplaus paling heboh dari teman-temannya selama acara tersebut.

Seperti diberitakan, Jokowi dan Iriana menghadiri acara wisuda Kaesang di Singapura, Jumat (21/11/2014) malam. Kehadiran mendapat sambutan meriah dari siswa ASCI dan para tamu undangan acara wisuda tersebut.
Orang nomor 1 di Indonesia itu pun melayani permintaan teman-teman putranya untuk berfoto selfie.
Selain Jokowi dan Iriana, kakak Kaesang, Kahiyang Ayu, juga menghadiri wisuda itu. Di akhir wisuda, Kahiyang memberi seikat balon kepada sang adik.
"Saya sangat bangga padanya dan memberi semangat selama dia bersekolah di sini," kata Kahiyang.
Jokowi sendiri mengungkapkan kebahagiaannya bisa menghadiri wisuda putra bungsunya itu. "Saya bahagia dan berterima kasih kepada ACSI karena sudah membantu dalam mendidik anak saya," kata Jokowi.
Menurut Jokowi, dia menyekolahkan anaknya ke luar negeri untuk melatihnya agar menjadi mandiri.
Saat ditanya saran apa yang dia berikan kepada Kaesang, Jokowi menjawab, "Tahun lalu dia bilang ingin melanjutkan ke SMU (Singapore Management University), tetapi saya tidak tahu."
Kaesang sendiri mengaku mendapat motivasi dari sang ayah, yang sering meneleponnya untuk memberi masukan dan semangat. "Bapak berpesan untuk selalu beribadah," ujar Kaesang.
Dia mengaku belum membicarakan rencana selanjutnya tentang pendidikannya dengan sang ayah. "Saya belum membicarakannya dengan Bapak... tetapi mungkin manajemen bisnis," kata Kaesang. (The Straits Times)


Nah lho. Gimana engga bangga gw sama presiden gw yang satu ini? Dia ini berbeda! Dia gak seperti pejabat-pejabat lainnya yang berkelas tinggi!~

Awal-awalnya gw kan emang demen sama Kaesang Pangarep. Kenapa? Karena sebagai anak presiden, yang sebelumnya adalah anak walikota Solo dan gubernur DKI Jakarta, Kaesang ini tampil apa adanya. Dia gak jaim. Keluarga dia, seperti yang dia gambarkan dalam blognya (misterkacang.blogspot.com) adalah keluarga yang "biasa tapi bermakna." Kenapa "biasa"? Karena gaya mereka gak neko-neko. Hadir di acara penting ya harus rapi, tapi pakaiannya gak mesti glamor, dengan permata berlimpah. Kagak! Lalu, kenapa tadi saya sebut juga "bermakna"? Karena meski jauh dan saya belum pernah bertemu langsung dengan keluarga Jokowi ini, saya bisa melihat bahwa keluarga ini menghidup nilai-nilai humility, excellence, dan courageous! Udah macam 6 values CBN lah!~ Hahahaha.

Ternyata Kaesang menjadi sosok yang rendah hati karena memang bapak (dan ibunya) adalah sosok yang rendah hati banget! Sederhana! Jujur! Jadi diri sendiri! Secure! Ga berubah meski sudah ganti status jadi pejabat! Tetep gokil!

Hadeuh, gw makin ngefans deh sama Kaesang Pangarep.
Kaesang, gw senang banget lo sudah diwisuda.
Gw udah pernah wisuda juga, dan momen wisuda tuh salah satu momen akbar dalam milestone hidup kita selain menikah dan dibaptis. Menurut gw sih gitu.

Selamat ya Kaesang! Jadilah putra bangsa yang mengubah mindset seluruh dunia, tapi terutama sih orang-orang Indonesia. Kaesang, kamu adalah calon pemimpin masa depan yang dapat diandalkan. Pertahankan ketulusan dan kesederhaan kamu!~

Juga buat Kahiyang Ayu, anak kedua Jokowi-Iriana yang terkadang mem-posting foto-foto gokil keluarga ini di instagram, thanks! Kami, rakyat Indonesia, jadi tahu betapa harmonis dan hangatnya keluarga kalian--sebuah keluarga yang diikat dengan kasih, penerimaan tanpa syarat.

Terimakasih karena kalian menjadi barometer kami dalam membangun rumah tangga. Terimakasih karena kalian menunjukkan kepada kami bahwa keluarga seorang presiden punya gaya hidup yang membuat kami malu kalau kami hidup bermewah-mewah.

Terakhir, terimakasih kepada Tuhan karena DIA memilihkan presiden Indonesia itu dari keluarga yang seperti ini.

Sungguh indah negeriku karena punya kamu, Pak Jokowi.

Aku bersyukur.


BERIKUT ini adalah foto wisuda Kaesang, beserta foto lainnya yang saya ambil dari instagram Kahiyang Ayu, yang menggambarkan betapa sederhana dan indahnya keluarga Jokowi. KALIAN MESTI TAHU!


A photo posted by Kahiyang Ayu (@ayanggkahiyang) on



A photo posted by Kahiyang Ayu (@ayanggkahiyang) on


A photo posted by Kahiyang Ayu (@ayanggkahiyang) on


A photo posted by Kahiyang Ayu (@ayanggkahiyang) on


A photo posted by Kahiyang Ayu (@ayanggkahiyang) on


You Might Also Like

0 komentar

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest