Bukan Malam Jumat Kliwon

11:30:00 pm

Entah ada apa dengan malam ini, yang pasti ini bukan malam jumat kliwon. Tapai seandainya pun ini malam jumat kliwon, gw harusnya tenang-tenang aja dan bisa tertidur nyenyak. Namun yang gw rasakan hingga detik-detik menjelang pukul 00.00 ini adalah, gw tidak merasa terkantuk-kantuk sama sekali. Siaalll!

Padahal tadi pagi, pas nyampe kantor, mata gw udah kerasa beratttt banget. Dan akhirnya gw mau ngga mau mesti malakkin kopi dari temen sebelah gw . Padahal gw biasanya minum kopi tuh setelah makan siang. Baru kali tadi tuh gw ngopi jam 9 pagi. Dan tahu gak sih lo? Karena mata gw udah berat ditambah punggung gw udah pegel-pegel kayak nenek tua abis ngangkat barbel, gw memutuskan untuk pulang jam 5 tenggo. Ini merupakan peristiwa langka untuk ukuran gw, bahkan supervisor gw aja bengong waktu dia ngeliat gw udah beres-beres mau balik.

“Tumben pulang cepet,” katanya.

“Iya nih ka, aku sakit perut,” jawab gw seadanya. Gw emang memiliki gangguan pada perut gw ini karena udah sekitar 3 hari kayaknya gw engga BAB. Menyebalkan!! Di timbangan sih memang berat badan gw 48 kg, tapi kalau udah BAB pasti lebih ringan! Maaf, postingan kali ini terlalu biologis..

Nyampe kosan gw yang suasananya mirip hotel bintang 4, gw langsung makan dan... karaoke-an. Kali ini semua lagunya berbahasa Mandarin, mulai dari Jay Chou, JJ Lin, Wanting Qu, dan David Tao. Yaudah, selama hampir 2 jam gw nyerocos ngomong bahasa Mandarin, mulai dari lagu mellow sampai nge-rap gw jabanin semua. Mungkin orang di kamar sebelah gw mikir, gw udah cocok banget untuk jadi pengisi suara di film-film Jacky Chan atau minimal ngisi sound effect film Sun Gokong. Entahlah, yang pasti bibir gw udah njelimet habis 2 jam karaoke lagu-lagu Tionghoa.

Gw bingung dengan malam ini. Apa karena malam ini adalah bulan purnama? EH elo jangan mikirin macem-macem dulu denger kata “bulan purnama”, karena gw ngga akan membahas peristiwa perubahan wujud manusia menjadi seekor serigala yang melolong. Jadi, menurut fakta ilmiah yang telah terbukti kebenarannya, kalau bulan sedang berbentuk bulat sempurna alias purnama, daya tarik bumi ini bla bla bla bla bla. Bingung deh gw jelasinnya, elo bisa googling sendiri karena kalau gw yang jelasin secara detail, buat apa ada Google? Hayo..? Kalian ngga rela kan kalau Google mubazir dan makan gaji buta.. Pokoknya, kesimpulan dari penelitian ilmiah tersebut adalah: kalau lagi bulan purnama tuh kita akan sulit tertidur. Gw bingung apakah ketidakmampuan gw untuk merem malam ini adalah bagian dari fakta ilmiah itu, ataukah ini hanya sugesti gw akibat khayalan yang terlalu tinggi? Entahlah. Pokoknya gw ngga bisa tidur.

Gw udah ngantuk dari jam 8 malam tadi, lalu gw bolak-balik di ranjang dengan segala gaya, seakan-akan gw sedang berenang padahal mah sedang berusaha tidur. Gw udah telungkup, telentang, balik kanan, balik kiri, balik kanan 45 derajat, tekuk kaki ke arah jam 6.30. Semuanya gatot alias gagal total. Gw pun bangun lagi, nyalain lampu kamar, dan mulai membaca buku. Setengah jam lewat, kok mulai ngantuk ya? Mata yang tadinya beratnya cuma 5 ons sekarang kayak nambah jadi 17 pons. Di situ gw udah pede banget bahwa gw akan tertidur lelap. Dengan gaya sok kutu buku, gw menatap lembaran halaman sambil lelah tak berdaya. Gw lempar aja tuh buku lalu gw matiin lampu. Siap tidur!

Ternyata itu semua hanya efek samping yang bertahan beberapa menit saja. Mata gw emang berat tapi tetep aja gw ngga ngantuk! Guys, gw perlu kasitau kalian bahwa momen seperti ini amat sangat menyiksa. Gw merasa ditipu oleh otak dan saraf gw sendiri. Katanya mo tidur tapi ternyata cuman di-PHP-in doang. Tapi ya sudah, karena gw masih sabar gw memilih untuk tegar.

Karena gw gatau mau ngapain, gw buka Twitter. Sempet-sempetnya tuh gw stalking akun twitter bossnya boss gw. Ternyata tweets nya dia lumayan seru. Tapi lama-lama pas gw makin scrooling down, isinya makin berbau politik gitu. Sebenernya gw ngga ngerti apa yang dia bahas di Twitter itu. Ada soal revolusi mental lah, modifikasi kurikulum 2013 lah. Hah boring banget gak sih. Karena makin gak jelas, gw pun berpikir untuk stalking blog orang, atau yang disebut juga dengan blogwalking. Gw mungkin butuh hiburan kali ya, butuh sesuatu yang lucu dan absurd. Blog pertama (dan satu-satunya) yang akan gw tuju adalah blog anaknya Pak Presiden, si Kaesang Pangarep (www.misterkacang.blogspot.com).

Saking rajinnya gw mengunjungi blog itu, detik pertama gw liat halaman blog-nya gw tau bahwa belum ada postingan baru yang dibuat si Kaesang. Tapi gw tetep pengen baca postingan dia, walaupun 1 aja, soalnya kocaknya bener-bener parah mampus. Gw pun memilih membaca ulang (entah untuk yang keberapa kalinya) postingan yang berjudul “20 tahun”.

Isinya sih tentang pengalaman dia setelah 20 tahun hidup, terutama lika-liku menjadi jomblo sambil bersekolah di Singapore. Udah jadi anak rantau eh jomblo juga. Eh apa hubungannya ya. Gw juga merantau dan jomblo juga kok. Lah, yaudah deh... sesama jomblo harus toleransi dan jangan saling mendahului.

Gw udah baca tu postingan hampir 10x kayanya dan gw udah hafal isinya sebenernya, tapi entah kenapa barusan gw baca di kamar gw yang tenang, temaram, dan suram itu gw langsung nangis. Terharu bombay! Gw merasa Kaesang menuangkan kisah itu dari hatinya yang terdalam, dan gw tersentuh (untuk pertama kalinya). Gw mendadak jadi ber-empati sama nasib dia.

Kalau kalian penasaran, buka aja blog-nya, terus baca postingan berjudul “20 tahun” itu.

Sehabis bikin tulisan ini gw masih belum ngantuk, tapi tau-tau gw sakit perut nih, dan sepertinya gw habis ini akan segera meluncur ke kamar mandi! Yuhuu....

You Might Also Like

0 komentar

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest