Life is Fragile

9:55:00 am

Hidup itu rapuh.

Elo bisa aja lagi nyantai di ranjang tapi dua detik kemudian gempa berkekuatan 8,8 skala Richter menggoyang, eh mengguncang lalu kaki ranjang lo patah lalu lo terjatuh di lantai dengan kepala terjerembab duluan dan, kaki lo ketimpa lemari es. Eh, lagian emang bisa ya tempat tidur posisinya deketan sama kulkas? Ya bisa aja sih.

Elo bisa aja punya tabungan 2 Milyar dollar tersimpan aman di sebuah bank di Swiss, tapi entah kenapa, suatu hari presiden direkturnya kabur membawa semua uang nasabah dan dia menyogok CIA,FBI, KKK, Mossad, BIN, TNI/Polri dengan uang tersebut supaya mereka engga memberi tahu dimana keberadaannya. Udah deh. Kelar idup lo.

Elo bisa punya gelar sampai S3 yang lo raih dari Harvard University, dan perusahaan sekaliber Google dan Facebook memperebutkan lamaran lo bahkan CV lo sampai diminta oleh HRD-nya untuk difotokopi 12 kali terus dilegalisir. Eh ngaco. Maksudnya, CV lo diminta oleh HRD-nya bahkan sebelum lo sendiri datang melamar ke perusahaan tersebut. Gila ngga, tuh? Bayangin, jam 8 pagi elo ditelepon HRD Google dan dia mengemis-ngemis supaya elo kerja di perusahaan mereka hari itu juga. Baru aja lo persiapan cukur jenggot dan bulu ketek supaya elo tampil ganteng maksimal di hari pertama ngantor, eh gak lama kemudian kantor Facebook ngajak elo skype-an dan ternyata si Mark Zuckerberg sendiri yang ada di layar monitor lo. Dengan tanpa basa-basi, Mark langsung ngeluarin rincian gaji lo kalau elo bersedia kerja di perusahaan tersebut detik ini juga. Tanpa babibu si Mark ngejelasin bahwa nanti lo dibayar permenit, tempat tinggal lo adalah di apartemen bintang tujuh (emang puyer masuk angin) dengan fasilitas mobil Bentley dan gratis setahun masuk Dufan. Gimana nggak pusing, lo? Elo diperebutkan saking pinternya gitu. Namun pas elo lagi mikir-mikir pilihan mana yang mau diambil, tiba-tiba kaki lo nginjek serpihan kulit durian yang berserakan di lantai, sisa party tadi malam. Saraf-saraf di telapak kaki lo tercengang tak berdaya, maka elo dengan refleksnya langsung terpeleset ke depan rak cuci piring lalo kepala lo membentur keran dan.....intinya lo gegar otak. Finally, elo gak jadi ke kantor Facebook, engga jadi ke kantor Google. Lo malah masuk ke Rumah Sakit Otak dan Saraf. Dan lo gak inget sebenernya lo ini makhluk hidup apa bukan, saking akutnya gegar otak lo. Dan lo bahkan engga ingat rumus integral pangkat dua atau bunyi hukum Boyle yang dulu di kampus hanya sebuah “kelitikan” bagi otak lo. Semuanya ilang.

Elo jangan bangga kalo punya IPK 3,9999999.

Elo juga lebih baik woles aja kalo duit lo di ATM 7,8 milyar terus duit cash di dompet 50 juta ringgit + poundsterling + rupee + euro.

Elo juga mendingan stay cool aja kalau keluarga elo harmonis, papa mama lo dapet award sebagai pasangan terbaik versi Majalah Ayahbunda. Udah, biasa aja.

Apa sih yang bisa kita banggain dari diri kita ini? Kalau Tuhan mau ambil sedikit aja neuron dari otak kita, kita bisa langsung ayan alias epilepsi. Itu lho, penyakit dimana penderitanya ngeluarin busa di mulut. Pastinya bukan busa kayak kalo lagi sikat gigi ya. Terus, kalau Tuhan ambil mama lo misalnya, elo mau pegangan ama siapa lagi? Oke masih ada papa. Namun semakin tua beliau, yang ada justru papa lo yang bergantung ama lo. Nah, lo pegangan kemana?

Kalau bukan karena Tuhan kita tuh ngga ada apa-apanya.

Kalo elo baru dapet doorprize mobil Ferrari dari undian choki-choki aja lo udah pamer di Instagram dan bikin pengumuman di Harian Pikiran Rakyat, elo coba deh liatin langit malem-malem. Pandangin bintang terang nun jauh di sono yang terlihat kecil padahal aslinya segede bagong. Elo mesti nyadar diri, bahwa elo tuh kecil sekali dibandingin Sang Desainer alam semesta ini, Tuhan.

Elo tuh kecil. Lebih kecil dari upil. Bahkan lebih kecil dari upilnya semut. Lo bayangin aja segimana sih ukuran upil semut. Kalo elo bisa “sekeren” yang sekarang, percayalah kekerenan itu bukan karena elo yang capai. BUKAN. Itu mah karena Tuhan yang ngasih. Tuhan juga ngasih bukan karena lo berhak mendapatkannya. NO. Tuhan ngasih berkat segini banyak meskipun kita ngga minta dan ngga layak menerimanya, karena DIA memang baik, bukan karena kita yang baik.


Berhenti banggain akun Twitter lo yang di-follow 2.438.463 orang. Berhenti pamerin kulit yang elo yang mulus kayak granit marmer abis diampelas. Berhenti makan sembarangan di pinggir jalan dan mengonsumsi makanan sampah karena elo yakin tubuh lo sekuat Ultraman dan lagipula kalo lo sakit asuransi elo tinggal digesek. Berhenti.

You Might Also Like

0 komentar

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest