OASIS

9:39:00 pm

Ih gila sih. Gw bersyukur banget sama hidupnya Bang Radit dan Ka Joanna. Ngga rugi sama sekali kalau selama pandemik ini gw mesti diem di rumah aja. Karena, tanpa sengaja gw jadi nemu podcast dan kotbah2nya Bang Radit yang menguatkan banget.

Asli, gw ngga mau lebay. Tapi gw udah jadi kresten bertaon-taon dan dapet "makanan rohani" dari mana-mana, dengan beragam genre. Cuman gatau kenapa ya, kalau denger omongan Bang Radit tuh kayak oasis banget. Di tengah informasi, pandangan orang dunia, dan berita aneh yang sering kita baca di timeline, Firman Tuhan tuh emang filtering yang paling bagus. Gw kayak semakin yakin bahwa pilihan ngikut Yesus itu ngga salah, dan bahwa Dia juga ngga pernah nyesel milih gw. Guys, Dia juga ngga pernah nyesel milih elo. Inget. 

Kekrestenan yang familiar di circle gw tuh banyak banget ngangkat tema soal berkat, tapi angle-nya menurut gw makin lama makin geser. Kalo emang berkat udah pasti jadi bagian yang diterima anak-anak Tuhan, kenapa sih masih aja dikoar-koarin. Seakan-akan jemaat bakal lupa. Seakan-akan jemaat yang merana dikit identik dengan kurang berkat.

Bosen, krik krik. Krenyess.

Sementara yang gw dapet dari pengajaran Bang Radit tuh.. gimana ya gw bilangnya?! Dia tuh ngga cuma ngajarin apa yang harus kita lakukan, tapi KENAPA kita melakukan itu.

Gw setuju banget ini. Besar kemungkinan loh, elo lakuin hal yang bener tapi dengan alesan yang salah. Dan alesan yang salah bikin perbuatan lo jadi berkurang nilainya, bahkan ngaco. Niatnya bener, ujungnya berabe.

Dan sebaliknya, broh! Lo bisa lakuin hal yang salah, tapi dengan alasan yang dibener-benerin. Alias tukang nyari-nyari alasan. Jiahahaha.

Sementara, Bang Radit akan jelasin sesuatu dan kenapa itu penting untuk dilakuin. Ngga pernah ada paksaan. Tapi setelahnya lo naturally akan bikin keputusan, mau lakuin atau ngga.

So far gw udah diajarin banyak hal berharga dari Bang Radit: kenapa gw suka menekan perasaan gw, kenapa gw craving akan sesuatu, kenapa gw cape dan stress, kenapa gw takut masa depan, kenapa gw marah dan suka menghakimi orang. Hmm, apakah sekarang hidup gw udah berubah? Sejujurnya belum, dan gw masih struggle, masih berjuang. Gw belum liat ada tanda-tanda semua bakal lebih baik. Tapi setidaknya apa yang Bang Radit ajarin adalah langkah awal. Ngga dahsyat atau heboh kayak KKR kesembuhan di GBK sih, tapi gw percaya efeknya bisa multiplied in the near future. 

Btw, craving itu masalah serius loh. Craving bukan sekedar laper biasa. Craving itu adalah, lo laper terus-menerus meskipun lo udah makan. Kenapa? Karena apa yang lo makan ngga bisa muasin lo. Kita craving akan cinta, perhatian, penghargaan... Dan seringnya kita nyari pemuas yang salah. Itu semua ngga berfungsi buat muasin kita, justru bikin kita makin laper! Haus lagi. Restless lagi. Nyari lagi. Sambil mengemis, memohon. Ketika sudah dapet pemuas (yang salah) itu, kita berusaha pegang erat-erat, karena kita tahu dia bisa diambil dari kita sewaktu-waktu. Capek guys. Bukan ngomongin capek fisik, tapi mentally dan spiritually. Makanya kita stress dan cemas mulu.

Craving itu kayak gini: lo makan gula atau something yang manis, dan lo jadi kenyang karenanya. Tapi cuma sebentar. Soalnya gula bikin gula darah naik trus langsung turun dengan cepat, jadi lo bakal merasa lebih laper dan pengen lebih banyak gula! Gw ngomong gini karena di malam ini, ketika gw sedang ngetik ini, gw lapeerrr banget padahal abis makan pisang bolen 2 biji + makan nasi semangkok. Bolennya kemanisan sih!

Bingung gimana mesti menjabarkannya. Terlalu banyak insight dan oase yang gw dapet dari hidup beliau. Begitupun dari hidup istrinya, keempat anaknya (Zuzu, Zera, Zoey, dan Zio), juga suster dan pembantunya. Bayangin kalo mereka punya piaraan, mungkin gw juga udah terberkati sama piaraannya. Sekeluarga ini emang memberkati dan memperkaya orang lain. 

Oya. Satu hal yang gw temuin dari Bang Radit yang ngga gw temuin dari pengajaran pastor lain: AUTHENTICITY. Jujur aja lah kalo emang lo lagi lemah, kenapa mesti try hard buat tampil kuat? Terbuka aja lah kalo lo lagi pengen bikin dosa, atau kalo belakangan lagi depressed dan anxious. Karena, apa yang ngga diakui ngga bisa disembuhkan. Tapi ya lo bijak juga lah, jangan bego. Akui itu kepada orang yang dewasa, pengertian dan bisa lo percayai. Jangan malah julid-in diri sendiri di depan kaum penjulid yang lagi nyari bahan. Kena lo.




Sebenernya kalo dipikir-pikir gw tau Bang Radit udah lama juga, karena dia "temen kerja" di kantor dulu. Hahaha. Yaaa dia sih di depan layar (jadi host), sementara gw di backoffice bagian ngutak-ngetik cantiks. Gw juga belum tau kalo dia bisa kotbah segala macem, abisnya yang dia omongin di depan layar waktu itu kan based on script semua. Tapi emang waktu Tuhan pasti yang terbaik yes. Gw ngerasa banyak disembuhin banget karena nemu pengajaran dia di masa ini, pada kondisi hati yang sedang gw alami. Woohooo!!

Thank you, thank you, and thank you for your life bang. 


You Might Also Like

0 komentar

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest