Mending Keringetan daripada Keingetan

8:39:00 pm

Gw lumayan sering ngomong ini ke temen-temen kantor: capek karena olahraga itu beda rasanya dengan capek kerja.

Nah, setelah gw menjalankan workout from home (wfh) selama beberapa waktu belakangan ini, ada satu lagi yang mau gw tambahkan:

Keringetan karena olahraga itu beda dengan keringetan karena kepanasan/berjemur.

Keringetan yang kedua bikin badan cepel (lengket) dan pengen nyebur ke empang, sementara keringetan yang pertama itu menyegarkan! 

Keringetan karena olahraga itu (menurut gw sih) bikin nagih. Ga ngerti juga kenapa. Kayak abis buang dosa sih. Karena sambil bakar kalori kali ya.

Kalo keringetan karena makan nasi padang? Ini mah boro-boro. Sedep sih iya, tapi aftertaste nya suka berasa agak guilty. Apalagi kalo makan gulai lemak kambing. Beughh!! Ngeces kan gue. 

Ngomong-ngomong soal workout, ini bisa dibilang pertama kalinya gw lakuin ginian. Alesannya apa lagi kalo bukan karena si corona pembuat lokdon lokdon! Asalnya gw bertekad mau rutin sepedahan outdoor, tapi setiap kali keluar pagar ada aja seberkas rasa risau. Lari outdoor juga lebih parah lagi--lari sambil maskeran itu ngga enak banget boss. Nafas sesak dan akhirnya kepala pusing. Yah, atas dasar itulah gw akhirnya memutuskan olahraga di rumah aja. Sampe gw sengaja beli yoga mat. Sialnya baru seminggu dipake mat nya udah kopel-kopel dong, huhuhu. Apa  gerakan gw yang terlalu barbar, apa emang mat nya yang jelek?! Ga paham. Curiga akhir bulan nanti gw mesti beli mat lagi :((

Hari pertama test drive mat baru, gw ditemani oleh aplikasi 7-Min Workout. Eh busettt.. pada berasa patah semua sekujur badan. Keesokan paginya, gw hampir ga sanggup bangun dari tempat tidur. Mau berdiri aja gw nahan pinggang kayak orang encok. Gini lah nasib orang kurang olahraga. Iya sih gw jogging dan cycling, tapi mungkin itu semua ga ngelibatin semua otot. Akibatnya, baru dihantem latihan 7 menit aja sendi gw mau retak semua. 

Tapi penderitaan itu cuma sampe hari ke-3. Setelahnya berasa biasa aja. Malah gw sekarang udah bisa plank 30 detik. Tiga puluh detik! Plank! Gerakan mager kayak kucing stretching itu! Iyes! Terakhir gw plank itu pas event Amazing Fake Race sama anak-anak Runners Republic. Baru 10 detik gw udah kayak mau mati--itu sepuluh detik terlama dalam hidup gw! Dan panitianya kayak nggga puas gitu melihat muka kita merah padam dengan siksaan, lalu dia nambahin lagi jadi 30 detik. Mampus deh.. seluruh badan gw tremor menahan beban lemak yang tak terampuni ini. 

Emang sih plank itu cuma diem statis kayak patung firaun ketiban, tapi keringetnya itu, beuhh ngucur deres. Perasaan, lari 21K aja ngga sampe sengucur itu. Edan yah. Emang gerakan dewa lah plank itu. 

Lo bayangin kalau kita bisa plank 5 menit sehari. Investasinya minimal, hasilnya maksimal. Gw sih ngga kebayang ya. Kalo bisa 5 menit plank mungkin pilihannya antara dua: gw jadi selangsing Luna Maya seminggu kemudian, atau gw masuk ICU. 


You Might Also Like

0 komentar

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest