31 Maret 2011 - Jauh Lebih Baik

11:29:00 pm

Adalah jauh lebih baik apabila seseorang membuat kesalahan, namun dengan begitu ia justru belajar dari kekeliruannya dan tidak lagi membuat kesalahan yang sama di masa depan; daripada ia tidak membuat kesalahan karena sebetulnya dia tidak tahu apa yang dia kerjakan--lantas ia menebak--dan, "kebetulan" saja benar.

Orang yang pertama akan lebih mengingat pelajaran tersebut, sementara orang kedua tidak mengingat apapun--meskipun keduanya sama-sama bertambah pengetahuannya.

(pemikiran yang muncul saat aku sedang membaca soal-soal bahasa Inggris untuk murid lesku, lalu aku berpikir "Dia pasti bisa ngerjain yang ini" atau "Dia nggak akan salah bikin soal yang ini". Sejenak aku sadar, kenapa aku mengharapkan dia tidak membuat kesalahan? Kenapa aku berharap dia sempurna dalam hal ini? Seumpama hasilnya sempurna, tentu aku bangga. Namun bila dia membuat kesalahan pun, aku tetap harus bangga. Namanya juga belajar, artinya kan dia belum bisa.)

You Might Also Like

0 komentar

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest