Kemirisan Hidup

11:17:00 am


Sementara bagi seseorang uang bukanlah masalah sama sekali karena isi dompet senantiasa tebal dan rekening di bank terus menggumpal, di belahan dunia lainnya ada yang bahkan terbiasa berjuang mati-matian demi sekeping uang logam, bertahan tak tidur dan tak makan agar bisa melewati satu hari lagi.


Sementara bagi seseorang berkuliah bukanlah pekerjaan yang menguras keringat karena otak mereka setajam golok, ada orang lain di luar sana yang harus berurai air mata setiap kali ada ujian, dan harus melatih raga demi begadang sampai subuh.


Sementara bagi sebagian orang hidup itu amat sulit dan penuh kerja keras, bagi segelintir orang arti kemudahan hidup adalah sesuatu yang absurd, karena bagi mereka semua fasilitas tersedia tanpa ada perbedaan mana yang lebih sulit atau lebih mudah. Semua tinggal meminta, dan anehnya, selalu mereka dapatkan. Karenanya orang-orang seperti demikian mengganggap aneh pada frasa "hidup itu keras". 


Well, mana yang lebih baik? 


Hidup ini adil bukan?


Kalau dicari-cari, selalu akan ada alasan untuk mengeluh, membanding-bandingkan, dan menuntut. Kenapa tidak mensyukuri apa yang di depan mata? Bersyukur bahwa setidaknya kamu tidak mengalami hal-hal buruk yang dialami orang lain di luar sana. Let me tell you, kesulitan hidup itu real. Nyata senyata-nyatanya. 
Banyak orang harus menjual apa yang tak seharusnya mereka jual agar bisa menelan sesuap nasi--dan itu sama sekali bukan keinginan mereka! Bukankah lebih baik melakukan pekerjaan lain, yang lebih normal dan bermoral? Tanyakanlah pada mereka, apa yang mereka nikmati dari pekerjaan itu. Nothing. Nol besar. Hati mereka memberontak. Mereka hanya kaum-kaum termarjinalkan yang terjebak dalam krisis moralitas, dan tak tahu bahwa sebetulnya ada pilihan lain yang bisa diambil. Namun jangan salahkan mereka karena mereka seperti larut dan hanyut dalam status quo. Mereka hanya sekelompok orang yang kurang pedoman hidup, dan itu terjadi turun-temurun. Buat apa menyalahkan mereka? Salahkanlah orang yang sudah tahu kebenaran namun tak memberitahukannya kepada mereka.  

You Might Also Like

0 komentar

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest