Lies Before Our Eyes

7:40:00 pm


Kocak banget deh kejadian beberapa hari ini. Si Amir (nama samaran) cerita ke gw bahwa dia pernah posting foto makanan di Instagram, ya makanan pada umumnya lah, steak sama teh tarik gitu. Terus kan, ada temennya yang komen, “Mir, itu steak di mana?” Eh, si Amir malah kelabakan. Bukannya langsung jawab di mana tempat dia makan steak itu, si Amir malahan googling. Jadi ternyata foto yang Amir masukkin di Instagram itu dia ambil dari Google, bukan foto yang dia beneran potret dengan kamera HP-nya soalnya Amir ngga pernah makan steak di tempat itu. Gubrak banget deh si Amir.

Terus cerita si Wardi ngga kalah kocak, meskipun sedikit miris. Jadi, dia dan pacarnya, si Karmila, posting foto mereka berdua di Facebook. Pemandangannya di foto itu tuh bagus banget, di antara pohon-pohon pinus gitu. Keliatan dari fotonya bahwa si Wardi ama Karmila ini sedang camping di perkemahan di tengah hutan. Ya, namanya juga dua sejoli berpose, penuh canda tawa ditemani sentuhan sinar mentari di ujung kiri foto. So sweet deh, pokonya! Beberapa hari kemudian si Wardi sempet ngasitau gw via inbox, bahwa ngga lama setelah mereka berdua berfoto, rupanya mereka bertengkar habis-habisan. Masalahnya sederhana, hanya karena si Karmila lupa bawa sikat gigi dan dia maksa si Wardi untuk beliin sikat gigi. Si Wardi dari awal bilang ke Karmila, “Udah Babe, ngga usah sikat gigi juga, lagian kamu tetep manis kok!” Nah, si Karmila malah kesinggung tuh, terus bilang, “Kok kamu tega sih liat pacarnya bau mulut? Terus, kamu ngomongnya kok kasar gitu sih? Kayak yang nggak berpendidikan aja!” Nah, akhirnya keterusan deh pertengkaran mereka. Hmm...gw denger cerita Wardi sambil agak cekikikan, habisnya kocak sih penyebab pertengkaran mereka. Tapi di sisi lain gw jadi merasa “ngga terlalu kagum” lagi dengan foto mereka di Facebook yang udah dapet 57 likes itu. Soalnya, gw udah tau “Behind The Scenes”-nya sih.

Ini cerita yang terakhir, datengnya dari si Utari (nama panggilan: Uut). Gw pernah ngajak si Uut makan di Solaria, eh dia bilang “Ogah!” Gw rada-rada terkejut aja, masalahnya si Uut ini biasanya demen banget makan di Solaria, bahkan bisa dibilang talenta dia yang terpendam adalah menghafal dan menyantap semua makanan di Solaria di seluruh pelosok nusantara. Gw heran, apakah si Uut ini lagi sakit gigi atau lagi mens kali ya, makanya dia tumben banget ngga mau makan di Solaria. Usut punya usut, ternyata si Uut lagi bokek. Lah, gw kan makin bingung. Jadi, setelah gw interogasi lebih lanjut, gw baru menemukan penjelasan yang akurat dari si Uut: dia lagi bokek gara-gara weekend kemarin dia abis makan bareng temen-temen kantor di restoran super duper mahal di daerah Kelapa Gading. Bisa dibilang, untuk minum air putih di restoran itu aja setidaknya kita mesti bayar 25 ribu. Bujubuneng! Ternyata, itu sebabnya Solaria ngga lagi menarik minat dan hasrat si Uut. Jelaslah, secara waktu kemarin makan di resto elite itu, si Uut udah ngabisin hampir 350 ribu. Tekor mampus. Padahal foto-fotonya pas dia makan di resto itu, kelihatan seru banget. Minum bir segala. Dekorasinya juga ciamik deh! Pas gw tanya, “Kenapa lo tetep makan di restoran itu walaupun udah tahu harganya mahal?” Si Uut hanya menjawab dengan penuh kelemahlembutan—mungkin karena badannya lemes akibat puasa seharian, “Yah, mau gimana lagi Yen, gw sungkan lah nolak ajakan boss gw.”

Kisah si Amir, Wardi, ama Uut bikin gw mikir bahwa apa yang indah di media sosial belum tentu seindah di dunia nyatanya. Ternyata banyak hal yang bisa kita sortir supaya hanya “hal-hal tertentu” saja yang nongol di dunia online. Misalnya, foto selfie yang lo pajang di Instagram ada 2, padahal sebenernya lo udah bikin 75 foto selfie dengan berbagai pose tapi 73 di antaranya hasilnya jelek. Jadi yang lo posting ya hanya 2. Atau, lo bikin status keren pake bahasa Perancis dan Rusia, padahal itu hasil kerjaan Google Translate dan hasil nanya-nanya ke dosen sastra lo.  Atau—mungkin meniru kelakuan si Amir yang unik bin ajaib tadi—lo bisa aja mem-photoshop foto lo sehingga elo nampak lagi berenang di Dubai padahal mah sebenernya nangkring di waduk deket Jatinegara.

Jadi inget nih, sama kata-katanya seorang model bernama Camerol Russell. Katanya, “Guys, semua foto yang kamu lihat tentang kemolekan tubuh saya, kemulusan wajah saya, dan kelangsingan saya, itu semua hanya konstruksi (rekayasa atau buatan). Kalau lo masih juga mau jadi model, mendingan lo pikir-pikir ulang deh!”

Kita bisa jadi siapa saja di media sosial. Mau jadi pendeta? Posting-lah status-status ayat Alkitab. Mau jadi motivator macam Om Mario Tegur? Posting-lah kata-kata bijak nan puitis. Mau jadi nasionalis? Posting-lah status yang mengkritisi kinerja pemerintah dan memberi masukan buat presiden.

Lo mau jadi apa di media sosial?

You Might Also Like

0 komentar

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest