30-Day Blog Challenge: Day 8, Biggest Mistake(s) in My Life

6:37:00 pm



Apa kesalahan terbesar yang pernah gw lakukan dalam hidup?

Hmm.. Gw merasa ngga punya kapasitas untuk menjawab pertanyaan ini.

Siapakah gw sehingga gw bisa menentukan mana kesalahan terbesar dalam hidup gw?

Gimana kalo, menurut Tuhan ‘kesalahan’ itu merupakan bagian dari skenario indah-Nya dalam hidup gw?!

Siapakah gw sehingga gw berhak menilai bahwa momen A adalah kekeliruan—sesuatu yang seharusnya ditiadakan dalam timeline kehidupan?! Lalu atas dasar apa gw bisa menentukan bahwa momen B adalah keindahan—sesuatu yang harusnya terjadi berulang kali dan bahkan terus-menerus?!

Bagi Tuhan, Sang Desainer Agung, ‘kesalahan’ belum tentu kesalahan. Kesalahan itu mungkin hanya soal perspektif kita.

Seperti pepatah yang pernah gw baca di Twitter: Tuhan bisa memungut serpihan-serpihan kaca yang sudah diinjak-injak di tanah, kemudian membentuknya menjadi sebuah vas bunga nan indah.

Atau seperti ungkapan dari temen gw: goresan yang bagi kita seperti ‘asal-asalan’ atau ‘ngga sengaja kecoret’ sebetulnya merupakan bagian dari mahakarya lukisan yang sedang Dia ciptakan.

Atau seperti celetukan temen gw yang lain: hidup itu bagaikan piano, dimana tuts putih adalah prestasi dan kebanggaan, sementara tuts hitam adalah kekurangan dan kekeliruan. Tapi kalau jari-jari Tuhan sudah bermain, tuts putih dan tuts hitam terangkai menjadi sebuah harmoni musik yang merdu.

Jadi, apa kesalahan terbesar dalam hidup gw?

Gw ngga tau. Mungkin gw baru bisa dapet jawabannya setelah gw ketemu Dia di sorga nanti. Dan setelah itu baru gw tulis jawabannya di blog ini, kalo masih sempet.


You Might Also Like

7 komentar

  1. Kesalahan terbesar. Sulit memang bagi kita sebagai manusia untuk membongkarnya. Tapi yakinlah, kesalahan adalah cambuk untuk kita melangkah kearah yg lebih baik.

    ReplyDelete
  2. Sulit memang bagi kita yg hanya manusia biasa untuk "Membongkar" tentang kesalahan terbesar. Tapi yang ku tahu pasti, kesalahan adalah cambuk yang membawa kita ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Semoga cambuk itu tidak terlalu menyakiti.

      Delete
  3. my biggest mistakes is when i tried to call my ex and he ignores me like sucks hmmmm... i did stupid thing. cek my website if u want to know more about gold wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahaha that's so funny, i think your ex is very dumb to ignore you like that.. so just move on and find someone better than him.

      Delete

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest