DIGRESI

10:17:00 pm


Kalau aku malas mencuci sepeda, aku tidak akan mengatakan, “Mencuci sepeda menyebalkan.” Sebagai gantinya, aku bilang, “Ahh, ada tumpukan piringan hitam yang belum diurutkan berdasarkan abjad. Demi kenyamanan dan kepuasan batin, susunan piringan hitam yang rapi adalah kemutlakan yang tak dapat ditunda lagi. Aku akan mengerjakan ini dulu.” Aku bisa pakai pekerjaan (kesibukan-kesibukan) untuk mengalihkanku dari tanggung jawab yang lebih mendesak & penting untuk dikerjakan. Bahkan kesibukan itu bisa diada-ada. We need somewhere to run to when we feel like we’re being chased. Aku bukan pembohong--hanya pembuat alasan. Setelah mengurutkan piringan hitam dari A-Z dan 0-9, aku akan mengatakan bahwa Yenny adalah pribadi yang rajin. That’s stupid. Dan apa yang sedang kamu kerjain hari ini? Lima hari belakangan ini? Atau 1 bulan ini? Kamu pikir kamu sibuk, lalu kamu bangga, kemudian ribut ingin self-reward. Jika kenyataannya ada the most essential thing yang belum kamu kerjain, agak sia-sia sih kesibukan yang sekarang tuh. Menurut gw sih.



digresi/dig·re·si/ /digrési/ n Sas 1 peristiwa yang menyimpang dari pokok masalah yang sedang dihadapi dalam karya sastra; 2 bagian yang tidak langsung bertalian dengan tema dan alur karya sastra

----

Photo by Sonia Dauer on Unsplash

You Might Also Like

0 komentar

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest