THE ART OF MELAMBAT

10:27:00 pm

PART 1.

Hidup ini penuh dengan: notifikasi tak terbaca, screenshot yang tak lagi dilihat, zoom meeting yang tak sungguh-sungguh didengarkan.

Berapa jam screen-time kita sehari? Berapa ratus kali jempol nge-scroll, hanya untuk konten yang 10 menit kemudian sudah dilupakan?

Riuh. Dunia virtual begitu rusuh. Dan kita jadi bagian di dalamnya. Kita merecoki, juga sebagai yang direcoki. 

No wonder kita cape! (Kita?!) Gw pribadi sih cape ya. Kebayang orang-orang yang WFH dan menjadikan online meeting sebagai sarana brainstormingnya. Bukan apa-apa... masalahnya menjaga attention span tetap stabil saat kita hanya melihat layar berisi muka-muka datar itu, sulit banget. Mudah sekali kita teralihkan. (Kita?!) Iyaaa.. gw deh gw. Gampang banget buat gw loncat dari satu ide ke ide lain. Eits, bukan ide mahadahsyat kayak teori relativitas atau archimedes kok. Cuma letupan pikiran soal: "eh tadi gw belum kasi bintang buat si driver gojek" atau yang lebih remeh lagi kayak "gw mau browsing lirik lagu Didi Kempot yang baris ketujuhbelas soalnya bingung artinya."

Hanya saat tidurlah pikiran ini bisa diam!

--- 

PART 2.

Gw tuh semenjak pandemi kan sering sepedahan nih. Salah satu pergumulan gw setiap kali mau gowes adalah: kali ini mau RUTE yang mana. Awal-awal mah gw seneng ke selatan Bandung, karena traffic-nya relatif lebih sepi dan pemandangannya masih ndeso banget (gunung dan sawah!). Tapi ada satu momen ketika salah seorang temen kantor gw nantangin: "Gowes mah ke Dago Atas dong, ngapain ke selatan." Gw sebagai penghuni Ko-Rea (Kopo Area) jelas merasa terusik. Temen gw juga rumahnya masih di sekitar Korea soalnya. Gw pikir-pikir kemudian: "Kenapa engga? Jangankan Dago, sebandung-bandungeun gw gowesin!"

Tapi sebenernya gw males-malesan gowes ke dago, karena akan banyak ngelewatin rute yang biasa ke kantor. "Apa serunya liatin jalan yang tiap hari gw lewatin? Sementara arah selatan kan hampir ga pernah." 

Singkat cerita, gw memutuskan untuk coba. Yaudah, jalanin aja dulu. Dan ternyata prediksi gw bener-bener salah. 

Gw justru menemukan sudut pandang dan vibes baru dari rute tersebut. Guys, jauh berbeda loh antara naik kendaraan bermotor dengan bersepeda. Secepet-cepetnya sepeda, ga sampe 40km/jam lah ya. Itu menyebabkan kita akan lebih lambat melaju. Kita punya lebih banyak waktu untuk melihat hal-hal yang tidak bisa kita lihat dengan kendaraan bermotor. 

Semakin tinggi kecepatan kita, semakin sedikit yang bisa kita lihat. Coba aja lo nyetir 70 km/jam, masih berani ngga lo noleh kanan-kiri-kanan-kiri? Engga lah, lo akan fokus ke depan. Sebaliknya, semakin lambat maka semakin banyak yang bisa dilihat. Makanya, kalau udah punya titik fokus yang mau dituju lo bisa ngegas kenceng banget, namun tetap aman. Tapi kalo belum bisa fokus dan pengen celangak-celinguk dulu mah ya jangan ngebut-ngebut. 

Gw bisa mengagumi pohon lebat yang rantingnya sampai ke tanah. Gw bisa memandangi arsitektur sebuah rumah lebih lama. Emang penting? Ga penting memang; wajib dilakukan pun tidak. Tapi hal-hal remeh kayak gitu bikin gw bersyukur. Bahwa dunia ini indah kalo kita pake kacamata yang beda. Bahwa Bandung itu cuantik tenan. 

Apakah gw sampai ke Dago Atas? Ngga Maemunah, di Dipatiukur aja gw udah ngga kuat. Tapi udah deketlah sama Dago (bawah). Hehehe. Next, kita muter sekitaran ITB yuu. 

Photo by Ali Yahya on Unsplash


You Might Also Like

0 komentar

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest