KEKECEWAAN SENYAP

10:16:00 pm

DAHLAH MALES. 

Baru aja marah-marah ke sebuah aplikasi food delivery. Gausah sebut namanya, males. Pokonya depannya go belakangnya jek. 

Gw pesen mie ayam langganan gw yg jaraknya sekitar 1.5 km untuk makan malam. Langsung ketemu driver yang accept order tapiiii... Dia tidak bisa dihubungi. Menit-menit pertama gw masih menunggu, mungkin sinyal hapenya dia lagi ngilang sejenak. 10 menit berikutnya tetep tidak ada balasan, chat dari gw pun cuma ceklis satu. Gw mulai mikir skenario sinetron: "Apa drivernya ketabrak terus pingsan?" Dan sejurus kemudian gw berdoa agar imajinasi itu hanya angan-angan busuk gw. 

Sudah 20 menit tidak terjadi pergerakan di maps, chat pun digantungin. Orderan mau dicancel? Ternyata tidak bisa alfonso. Mie ayamnya udah dibuat ama restonya dan tinggal di-pickup aja. Sooo, gw hubungi lah CS nya melalui telepon. Telepon! Males banget dah jaman sekarang telpon-telponan. Why don't they have whatsapp or telegram sih. 

Yang ngangkat di ujung sana adalah seorang pemuda yang memperkenalkan dirinya dengan bermalas-malasan. "Halo saya dengan djfjkwjf, ada yang bisa dibantu?" Sumpah ni orang lemes banget, buka mulut aja kayak ga niat. Apa karena dapet lemburan di hari weekend? Apa karena gaji belum cair? Tau deh. 

Gw jelasin lah perkaranya. Diawali dengan menyebutkan nomor hape yang terdaftar. Kemudian kode orderan yang terdiri dari angka-angka. Di sini gw udah males aja bawaannya. Pengen cancel aja. Tapi da ga bisa! Solusi yang ditawarkan si mas-mas lemes adalah sistem akan mencarikan driver lain. Wokey deh. 

Selesai nutup telepon, ga lama kemudian gw dipertemukan dengan driver kedua. Dia langsung gercep nge-chat duluan. Itu loh, chat template yang bunyinya seperti: "Baik, saya menuju resto." Dan gw bales lah, juga dengan template bawaan. "Baik, saya akan menunggu."

Dann.. kembali ceklis satu. Chat gw ngga diterima sama dia. Gw chat lagi sampe 5x, tetep ga sampe. Kenapa lagi nih bocah? Sampe sini gw udah pengen ganti aplikasi ke yang ijo-ijo sebelah. Tapi mengingat orderan NDAK BISA  DICANCEL jadinya gw mesti hubungi lagi CS nya. Haduh. Ada apa sih dengan driver di Kopo area?

Telepon berdering, dan kali ini yang mengangkat adalah pemuda yang lebih ceria. Kembali dengan proses yang sama: menyebutkan no hape yg terdaftar dan kode orderan. Solusi yang diberikan juga sama: sistem akan mencarikan driver lain. Sebagai konsumen yang cuma bisa misuh-misuh dalam hati, aku terima keputusan CS tersebut meskipun berat. 

Driver ketiga mungkin memang ditakdirkan untukku. Setelah menunggu 1 jam lebih akhirnya mie ayam itu datang. Udah dingin? Ya jelas. Drivernya aja sempet ketawa kecil gitu pas nyodorin orderan: "Katanya sampe ganti-ganti driver dua kali ya mbak?" Haha iya pak. Yaudah pak makasih udah nganterin, saya males bahas-bahas ini. Gw langsung masuk rumah tutup pagar. 

Sambil makan gw cuma kepikiran: betapa tidak terhitung jumlah konsumen yang kecewa ama produk atau layanan tapi memilih buat diem-diem aja. Nggak komentar, nggak ngasi feedback, tapi mereka pindah ke kompetitor. Kasus gw mungkin dialami juga banyak orang lainnya: kalo masih bisa milih app lain, ngapain cape-cape ngurusin orderan 90j3k? Ini mah gara-gara orderannya tidak bisa dicancel aja mangkanya gw bela-belain melalui proses pelaporan yang menjemukan. 

Kalau orang masih peduli untuk mengkomunikasikan kekecewaannya, it means dia masih peduli. Peduli pada hubungannya atau pada brand tersebut. Tapi kalo mereka diem aja dan tau-tau minggat ke lain hati? Yah bukan salah mereka juga. Ada banyak ikan di laut, kenapa mereka mesti ngejar-ngejar elo. 

Untuk customer yang kalo kecewa masih ngomel-ngomel di DM atau kolom review, gw sih salut. Artinya kalian masih peduli. Marah-marahnya kalian nunjukkin tingginya harapan agar seller atau brand berubah. Kalian masih percaya bahwa keluhan kalian didengar.

You Might Also Like

0 komentar

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest