BS

10:37:00 am

Pertanyaan ter-bullshit yang bisa diajukan oleh orang dewasa kepada anak kecil adalah, “Kalau udah gede mau jadi apa?”

Udah jelas anak itu belum bisa ngasi jawaban yang realistis!

Kalo dia jawab “Udah gede aku mau jadi astronot!” (yang merupakan cita-cita mainstream para bocah di angkatan gw), emang dia beneran ngerti astronot itu apa?

Emang dia paham gimana rasanya duduk di pesawat ulang-alik lalu dilontarin pake api yang gede banget, untuk kemudian dibiarin luntang-lantung di angkasa tak berujung?

Emang dia udah ngerti gimana rasanya kangen pacar, sohib, dan keluarga kalau dia bener-bener jadi astronot yang bakal tamasya Bumi – transit Saturnus – isi bensin di Jupiter – servis roket di Uranus – Bumi lagi tiap setahun sekali?

Emang dia tahu berapa duit yang dibutuhin untuk kuliah buat jadi astronot? Terus emang dia udah tahu bahwa jadi astronot itu mesti belajar ngitung luas permukaan galaksi Bima Sakti dan hafalin rumus relativitas-nya Om Einstein? Dia kan sekarang cuma ngerti gimana cara bikin pesawat kertas yang ditiup pake nafas sebelum diterbangin?!

Jawaban spektakuler gimana lagi sih, yang kita harepin dari bocah yang masih suka minta ditemenin neneknya untuk buang air kecil di malam hari?

Terus setelah kita denger jawaban polos mereka “Aku ingin jadi astronot”, kita masih aja ngangguk-ngangguk sembari bilang, “Baguss.. pinter deh kamu!” dan mengusap kepalanya.

Maksud gw ... drama apa yang sedang kita lakoni barusan?

Kenapa kita seakan-akan menyetujui dan merestui harapan palsu kepunyaan si anak itu?

Kenapa kita ngga dengan lugas langsung aja bilang ke dia, “Nak, kalau menurut Kakak sih, mendingan kamu bercita-cita jadi manager perusahaan multinasional aja, udah jelas kerjaannya ngapain dan gajinya juga gede. Atau ngga, jadi sopir Uber aja tuh. Sekarang kan lagi nge-trend transportasi berbasis aplikasi. Jadi gini yah, temen Kakak udah terbukti dapet gaji 800 ribu perhari dari kerja gituan!”

Dan apa yang akan terjadi kalau kita beneran ngomong hal di atas? Apakah si anak akan menanggapi dengan mata terbelalak, “Wah, Kak, kok ngga bilang dari dulu? Aku juga ingin seperti mereka ...”

Cukup.

Cukup dengan semua skenario ini.

Pertanyaan bullshit memang akan menghasilkan jawaban yang bullshit pula.

Pada akhirnya, kita memang mesti menerima kenyataan bahwa bocah tersebut ngga peduli berapa gaji seorang astronot dan apakah astronot dapet tunjangan asuransi serta BPJS Ketenagakerjaan.

Pada akhirnya, kita memang mesti maklum kalau sang anak ngga peduli apakah nyawanya terancam kalau dia harus mengapung-apung di orbit lintasan jagad raya dengan kostum superberat ditambah helm mirip akuarium.

Pada akhirnya, semua mimpi anak-anak memang hanyalah mimpi.

Berapa orang makhluk dunia ini yang beneran jadi astronot, sih? Banyak, ya? Tetangga lo udah berapa banyak yang pernah mengarungi antariksa?

Tapi, ya sudahlah.

Kalaupun sang anak menjawab dia ingin jadi astronot, kita toh hanya tersenyum simpul.

Kita toh hanya menyemangati.

Kita toh tidak pesimis dan mengatakan bahwa sang anak tumbuh dalam ilusi atau memiliki gangguan cara berpikir.

Karena semua cita-cita atau impian ... itu semua selalu bullshit.

Bullshit, sampai itu terwujud.

(Karena ide yang terbaik adalah ide yang di-eksekusi, bukan yang terus dibicarakan dan dipikirkan pagi siang sore malam.)



You Might Also Like

2 komentar

  1. Stujuuuuuuu soal jangan membuat anak anak hidup dalam ilusi!! BTW kerjaan jadi manager perusahaan multinasional pun kata gw gak ok, karena jadinya orang itu bekerja untuk uang, ketika kita sudah tidak bisa absen masuk kantor, apa yang terjadi? tetep diberhentikan juga. Bagusnya cita cita jadi pengusaha, yang membuat uang bekerja untuk kita, tanpa kita harus terus bisa hadir di tempat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. daripada jadi manager enakan jadi presiden yah.. Kalo pengusaha juga enak, tapi Jokowi jadi presiden sekaligus jadi pengusaha.. Asik tuh kyanya..

      Delete

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest