30-Day Blog Challenge: Day 23, Your Favourite Book(s)

2:42:00 pm

Buku favorit?

Hmm, ini pertanyaan yang sulit sulit susah.

Jujur aja gw udah lama banget nggak baca buku. Kenapa? Karena gw lebih sering baca timeline Twitter, status Facebook, dan caption Instagram. Oya, gw juga baca blog-blog seru milik temen-temen gw serta website berita dalam dan luar negeri.

Ketika gw membaca buku fisik (yang diprint dan dijilid) gw malah sibuk fotoin isi bukunya, lalu gw unggah bagian buku yang menarik ke social media. See?

Gw ngga bener-bener menghayati setiap paragraf yang udah cape-cape dibikin sama si penulis buku tersebut. Seorang netizen (yang biasa ngabisin waktunya lebih banyak di dunia maya dibanding di dunia nyata) sudah terpola dan terlatih untuk menjadi scanner, bukan reader. Seorang scanner ngga terbiasa untuk mengolah dan mengunyah sebuah informasi. Berbeda dengan reader, seorang scanner cuma pinter mainin jari, geser layar dari atas ke bawah atau dari kanan ke kiri, hanya untuk mencari lebih banyak konten... tapi nggak punya keahlian untuk bener-bener meresapi isinya, apalagi mengkritisi benar/tidaknya.

Itu terjadi karena pergeseran zaman, dimana semuanya sekarang serba digital. Mau pesen ojek aja digital. Ahh, udah deh Yen, lo jangan kebanyakan alesan! Bilang aja lo males baca-baca buku.

Jadi alangkah munafiknya kalo gw nyebut apa buku favorit gw. Lah wong, buku tabungan aja jarang gw baca!

Tapi buku yang menurut gw wajib dibaca dalam hidup ini (dan harusnya gw segera baca dalam waktu dekat) adalah Alkitab. Sederhana aja lah, membaca Alkitab itu bikin kita berhikmat (bukan sekedar pintar dan cerdas ya, tapi berhikmat!) dan bikin kita ngerti hal-hal yang orang lain belum tentu ngerti. Nah, jadi mumpung tahun 2017 akan kita songsong di depan mata (songsong? Apa itu? Lagu lagu?) maka ada baiknya kita mulai siapin jadwal baca Alkitab dalam setahun.


Btw, kenapa mesti nunggu tahun depan ya, kalau bisa dimulai hari ini? Halah, yaudah deh... Berhenti bikin pembenaran, dan langsung aja eksekusi kalo emang niat mah....

You Might Also Like

0 komentar

CONNECT ON TWITTER

Blog Archive

connect on Pinterest